Senin, 13 Oktober 2014

SISTEM BILANGAN



HAND OUT
SISTEM BILANGAN



Banyak sistem bilangan yang dapat dan telah dipakai dalam melaksanakan perhitungan. Tetapi ada sistem bilangan yang sudah jarang dipakai ataupun tidak dipakai lagi sama sekali dan ada pula sistem bilangan yang hanya dipakai pada hal-hal tertentu saja. Sistem bilangan limaan (quinary) dipergunakan oleh orang Eskimo dan  orang  Indian  di  Amerika  Utara  zaman  dahulu. Sistem  bilangan Romawi yang sangat umum dipakai pada zaman kuno, kini pemakaiannya terba- tas pada pemberian nomor urut seperti I untuk pertama, II untuk kedua, V untuk kelima  dan  seterusnya;  kadang-kadang  dipakai  juga  untuk  penulisan  tahun seperti MDCCCIV untuk menyatakan tahun 1804. Sistem bilangan dua belasan (duodecimal) sampai kini masih banyak dipakai seperti 1 kaki = 12 Inci, 1 lusin
= 12 buah dan sebagainya. Namun yang paling umum dipakai kini adalah sistem bilangan puluhan (decimal) yang kita pakai dalam kehidupan sehari-hari.
Karena  komponen-komponen  komputer  digital  yang  merupakan  sistem digital bersifat saklar (switch), sistem bilangan yang paling sesuai untuk kom- puter digital adalah sistem bilangan biner (binary). Keserdehanaan pengubahan bilangan biner ke bilangan oktal atau heksadesimal dan sebaliknya, membuat bi- langan oktal dan heksadesimal juga banyak dipakai dalam dunia komputer, teru- tama  dalam  hubungan  pengkodean.  Bilangan  Biner, Oktal  dan  Heksadesimal akan dibahas dalam bab ini didahului dengan pembahasan singkat tentang bilangan desimal sebagai pengantar.

Tidak ada komentar: